Resep Dan Cara Membuat Telur Bacem Enak Mudah

Resep Telur Bacem - Kali ini admin akan berbagi bagaimana cara membuat "Telur Bacem" yang enak dan mudah pasti nya sudha pada kenal kan menu masakan olahan telur yang satu ini? Dengan bumbu ciri khas nya dan warna pekat pada telor yang cenderung kecoklatan membuat telur bacem mudah di kenali oleh semua orang. Telur bacem sendiri adalah menu masakan dari Indonesia yang lebih tepatnya berasal dari kota Yogyakarta.

Untuk sajian menu masakan "Telur Bacem" memang berbeda dengan jenis telur-telur lainnya, memang banyak sekali macam-macam variasi telur setiap daerah di Nusantara tentu nya berbeda antara yang satu dan lain nya memiliki rasa dan bumbu yang ciri khas seperti telur bumbu balado, telur kecap, telur bacem semua nya berbeda bumbu nya.

Resep Dan Cara Membuat Telur Bacem Enak Mudah
Resep telur bacem

Olahan telur kali ini untuk membuat telur bacem khas yogyakarta pastinya tahu dong biasanya telur bacem biasa di hidangkan bersamaan apa? Ya benar untuk menu kali ini cocok sekali tuk di hidangkan bersamaan "Resep Gudeg Yogyakarta" dan juga "Resep Tempe Bacem". Memang biasa nya pun kalau gudeg yang di jual di warung makan pasti nya menyediakan pula telur bacem dan juga tempe bacem secara bersamaan.

Untuk membuat telur bacem sangatlah mudah dan praktis, dengan bahan yang familiar dan di pastikan ada di dapur Anda semua seperti hal nya bumbu-bumbu kecap, laos, bawang putih, merah, gula merah dan beberapa bahan lain nya yang cukup familiar dan mudah di temukan. Nah bagi Kalian yang tak sempat untuk mencoba merasakan sensasi kelezatan "Telur Bacem" tak perlu jauh-jauh ke kota Jogja karena hampir setiap daerah sekarang ini sudah banyak yang menjual nya, namun mulai sekarang kamu juga bisa membuat sendiri di rumah kok dengan cara yang sangat sederhana. Oke langsung saja di simak resep cara membuat telur bacem selengkapnya.

================
Bahan Telur Bacem :
================
5 butir telur ayam
1/2 cangkir air kelapa
500 ml air putih matang
30 gram gula merah/ jawa
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
3 lembar daun salam
3 sendok makan kecap manis
3 sendok makan air asam jawa
1 ruas lenkuas/laos, di geprek
1 1/2 sendok makan gula pasir
1/4 sendok makan garam
1/4 sendok makan ketumbar disangrai

=======================
Cara Membuat Telur Bacem :
=======================
1. Rebus telur nya dahulu agar menjadi telur rebus. Haluskan bawang putih, ketumbar dan bawang merah nya sekaligus lalu di tumis sampai wangi.
2. Tuangkan air matang ke dalam tumisan bersamaan dengan air kelapa nya. Kemudian masukkan air asam jawa, lengkuas, daun salam dan juga gula merah ke dalam tumisan aduk merata.
3. Masukkan telur rebus ke dalam tumisan tersebut, tambahkan bumbu kecap manis, garam dan juga gula pasir, aduk sampai bumbu nya merata.
4. Masak telur bacem menggunakan api kecil saja dan biarkan masak hingga berubah warna kecoklatan dan nampak gelap. Setelah air nampak menyusut dan warna telur menjadi gelap bisa matikan apu nya.
5. Untuk menjadikan ciri khas telur bacem Yogyakarta biarkan semalam terlebih dahulu telur bacem nya di dalam panci agar warna nya lebih pekat dan bumbu nya lebih meresap.
6. Keesokan hari ketika mau di sajikan panaskan dahulu sebentar lalu baru di hidangkan.

Kamu baru saja membaca dan mencoba Resep Telur Bacem. Jangan lupa untuk mencoba juga Resep Ceker Ayam Pedas Manis.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: