Resep Dan Cara Membuat Lontong Balap Enak

Apa itu lontong balap? wah namanya saja nampak keren sekali bagamana dengan rasanya ya, longont balap sendiri merupakan salah satu makanan khas indonesia yang berasal dari jawa timur yang pastinya sudah populer hingga seluruh indonesia dan banyak orang penasaran dan juga ingin mencoba sensasi rasa lontong balap ini, banyak sekali jenis-jenis kuliner lontong balap, ada yang longong balap surabaya dari kota suroboyo adapula yang dari pasuruan dengan lontong balap pasuruannya dan masih banyak lagi, setiap daerah memang memiliki cita rasa berbeda-beda namun rasanya tetap enak, unik dan di sukai oleh banyak orang, terbuah dari bahan lontong, tempe tahu yang di padukan dengan sayuran seperti tauge membuat lontong balap menjadi nampak lebih menarik.

Jadi bila anda yang minat ataupun tertarik tuk coba kuliner khas jawa timur ini tak perlu jauh-jauh kesana dan mencarinya karena mulai sekarang kita sudah dapat buat sendiri dengan mudah dan rasanya tak kalah dengan penjual lontong balap yang sudah ternama di kota surabaya deh pokoknya, memang jawa timur adalah gudangnya kuliner yang menarik dan enak dari indonesia mulai dari resep membuat rawon surabaya enakresep membuat ayam penyet dan juga resep membuat tempe penyet enak pun ada, masih banyak aneka makanan dan resep asli jawa timur yang begitu menarik dan pastinya terasa enak semua dan mudah sekali membaur dengan lidah orang-orang indonesia, yuk silahkan coba buat lontong balap nya di dapur anda sendiri.

Resep Dan Cara Membuat Lontong Balap Enak
Resep lontong balap

==================
Bahan Lontong Balap :
==================
500 gram lontong
500 gram tahu, goreng dan potong kecil
125 gram tauge
1 papan tempe, potong dadu kotak kecil
4 siung bawang putih
4 butir bawang merah
4 butir kemiri
3 cm kunyit
1/4 sendok makan merica
===========
Bahan Kuah :
===========
1500 ml air matang
1 sendok makan garam
3 lembar daun jeruk
3 cm laos
1 sendok makan gula pasir
2 sendok makan minyak
1 batang serai
================
Bahan Sambal Petis :
================ 
10 buah cabai rawit, rebus
50 ml air matang
4 sendok makan petis udang
1 sendok makan bawang putih goreng
3 sendok makan bawang merah goreng
kecap manis bango secukupnya

============================
Cara Membuat Lontong Balap Enak :
============================
1. Pertama-tama cukup haluskan bawang putih, merah, kemiri beserta juga merica dan kunyitnya menjadi satu gunakan ulekan saja lalu di sisihkan dahulu.
2. Selanjutnya haluskan semua bahan sambalnya lalu tambahkan kecap manis dan juga beri sedikit air agar tidak terlalu kental (namun jangan terlalu encer), setelah itu di sisihkan juga.
3. Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang telah di haluskan tambahkan serai, laos dan juga daun jeruknya, tumis sampai harum dan nampak layu.
4. Masukkan potongan tempe dan beri air matan sambil di aduk merata tambahkan garam serta gulanya, maak hingga tempenya matang, selanjutnya di sisihkan dahulu dan siapkan piring saji.
5. Potong lontongnya dan sajikan di atas piring kemudian tambahkan potongan tahu yang telah di goreng bersamaan juga taugenya, siramkan kuah tempe di atasnya.
6. Tambahkan sambal petis sebagai pelengkapnya, lalu bisa langsung di sajikan dan santap.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

1 comments: