Bahan-bahan

12 potong
  1. 4 potong paha ayam/dada ayam
  2. (masing2 dipotong menjadi 3)
  3. 6 siung bawang putih
  4. 4 butir kemiri
  5. 1 sdt ketumbar
  6. 1 ruas jari lengkuas
  7. 1 ruas jari kencur
  8. 1 ruas jari jahe
  9. 3 ruas jari kunir
  10. 3 lb daun salam
  11. 3 lembar daun jeruk purut
  12. sesuai selera garam, gula,
  13. 2 bh serei potong jadi 2
  14. jeruk nipis
  15. 300 ml air matang

Langkah

  1. Cuci bersih ayam, tiriskan, beri air jeruk nipis dan sedikit garam. Aduk rata, diamkan 15 menit
  2. Haluskan atau blender bumbu-bumbu kecuali daun salam, serei dan daun jeruk purut. Tambahkan sedikit air bila dihaluskan pakai blender.
  3. Panaskan sedikit minyak, masukkan bumbu halus, daun salam, serei dan daun jeruk purut tambahkan garam dan gula. Apabila sudah berbau harum tambahkan sedikit air, masukkan ayam. Aduk2 sampai ayam berubah warna.
  4. Setelah ayam berubah warna tambahkan 200-300 lt air (sampai ayam terendam). Tutup wajan dan masak dengan api sedang cenderung kecil kira2 15 menit supaya bumbu meresap.
  5. Silahkan diincip dan dirasakan sesuai selera, apabila sudah pas besarkan api dan masak sampai air mengental. Saya biasanya selalu sisakan kuahnya untuk ditambahkan di nasinya. Selamat menikmati.
  6. Ini foto masakan saya sebelumnya dan yang sudah digoreng.
  7. Ini apabila untuk bekal sekolah. Goreng ayam dan disuwir. Padatkan nasi setengah cetakan, beri ayam suwir, tutup lagi dengan nasi. Balik di tempat bekal makanan, beri ayam suwir dan sedikit kuah. Yummy
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: